Gejala asam urat


Kadar Asam Urat tinggi bisa mengakibatkan kesemutan, pegal-pegal, linu-linu, persendian terasa kaku, nyeri sendi, rematik Asam Urat, sampai pada penyakit jantung dan tekanan darah tinggi (hypertensi). Rasa ngilu itu biasanya ia rasakan
oleh penderita di kaki kanan dan tangan kiri. Apabila sudah menyerang tangan kiri, rasa ngilu itu akan terus merambat ke bahu dan leher.
Asam Urat adalah sisa metabolisme zat-zat purin dalam makanan. Pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang bertahun-tahun namun sama sekali tidak muncul gejala, tetapi ada yang muncul gejalanya di usia 20 tahun, 30 tahun, atau 40 tahunan.

Tahapan penyakit Asam Urat atau Gout :
1. Tahap Asimtomatik
Fase ini adalah tahap stadium awal. Kadar Asam Urat darah meningkat, akan tetapi tidak menimbulkan gejala. Selanjutnya encok menngakibatkan tekanan darah tinggi atau sakit punggung sakit berat.
2. Tahap Akut
Serangan akut pertama datang
dengan tiba-tiba dan cepat memuncak. biasanya serangan untuk pertama kali terjadi pada saat tengah malam atau menjelang pagi hari. Serangan itu berupa rasa nyeri yang hebat pada pangkal ibu jari kaki. Rasa nyeri ini muncul secara mendadak dan didahului oleh keluhan lain. Rasa nyeri ini begitu hebat sehingga bila bagian yang sakit bila tersentuh bahkan selimut saja akan terasa sakit sekali.Rasa nyeri tersebut mencapai puncaknya dalam waktu 24 jam dan perlahan-lahan akan sembuh spontan dan menghilang dengan sendirinya selama dua minggu.
3. Tahap Interkritikal
Penderita dapat kembali bergerak
dengan normal serta melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga tanpa rasa sakit sama sekali. Kalau rasa nyeri pada serangan pertama itu hilang bukan bererti penyakit itu sembuh total, biasanya beberapa tahun kemudian akan terjadi serangan kedua.
4. Tahap Kronik
Terjadi bila penyakit diabaiakan sehingga menjadi akut.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a reply